About


Breaking News

BThemes

Blogger templates

Banner Link Gunadarma

Blogroll

BTricks


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik disini

Thursday, November 5, 2015

Tugas Etika Bisnis " Iklan yang tidak beretika"

Tugas Softskill Etika Bisnis

Nama  : Vickry
Kelas  : 4ea11
Npm    : 17212572


Pendahuluan
Di dalam dunia bisnis persaingan adalah hal yang biasa atau lumrah , demi tercapai nya untung/laba yang besar para pengsusaha / perusahaan melakukan berbagai macam promosi, baik di media cetak atau online.

Salah satu media promosi yang sangat terkenal adalah iklan, terutama iklan di televisi. Berbagai macam cara yang mereka mlakukan untuk menarik minat konsumen/ pelanggan dari mulai menawarkan harga yang sangat murah, potongan harga, beli satu dapat satu sampai memberikan hadiah dari smartphone sampai mobil.

            Dewasa ini banyak sekali hal-hal yang di lakukan para pengiklan dari mulai melakukan animasi visual yang menarik hingga melakukan penyerangan-penyerangan terhadap produk pesaing. Disini saya akan membahas iklan yang kurang beretika tersebut, saya akan membahas perang iklan yang dilakukanoleh provider kartu AS dan XL.

Teori
Pengertian iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan, pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.
Mungkin anda sudah sering mendengar apa itu iklan? Bahkan mungkin anda sudah mulai bosan dengan iklan, tapi itulah kenyataan yang harus kita hadapi dalam perkembangan dunia bisnis dan system pemasaran produk barang atau jasa, karena tanpa bantuan iklan akan sulit sekali dalam melakukan pemasaran demi kelangsungan pemenuhan dan kebutuhan konsumen.
sebelumnya iklan iklan antara XL dan AS walaupun menyindir tapi masih saling beretika dan tidak terlalu vulgar. Kalau masalah sindir-sindir warna atau angka itu biasa banyak produk lain sering melakukan kayak gitu tapi tidak dibalas. tapi permulaan yang bikin gerah masyarakat itu kronologisnya begini :
1. awalnya XL membuat iklan sule diwawancarai Baim. dalam iklan ini tidak ada unsur menjelekkan kartu AS http://www.youtube.com/watch?v=Gf1nt...eature=related
2. beberapa bulan kemudian tiba tiba muncul iklan dari kartu As dengan bintang Sule yang sebelumnya kita tahu ada di iklan kartu XL. dalam iklan ini As jelas jelas meledek XL dengan kata kata sule : saya kapok dibohongin ama anak kecil. dengan kata lain ia menyidndir iklan xl sewatu baim mewawancarainya. http://www.youtube.com/watch?v=LTL4z...eature=related
3. setelah iklan sule As itu ramai dibicarakan orang dan dianggap tidak beretika, maka XL pun tak tahan lalu mengeluarkan iklan lagi namun tidak menyindir As secara frontal. hanya membuat perumpamaan yang menggunakan warna AS da XL dalam iklan versi sulap. kalau masalah warna begini sudah biasa dalam iklan. Esia juga pernah bikin iklan main warna gini. jadi masih sangat wajar. http://www.youtube.com/watch?v=KD-i3...eature=related
4. Setelah iklan XL versi sulap keluar yang sebenarnya tidak menyindir terlalu frontal, akhirnya AS jadi kayak kebakaran jenggot, ngamuk gila gilaan. gak tanggung tanggung langsung beberapa iklan keluar dan isinya juga frontal habis habisan gak peduli etika lagi.
yang pertama versi dialog : ini emang benar, gak pake sulap sulapan.
( jelas banget dia nyindir XL karena sebelumnya kan yang bikin versi sulap sulapan itu XL)
5. Xl kemudian lebih dewasa tidak menanggapi terus menerus kayak anak kecil yang berantem. tapi AS rupanya sudah keburu nafsu. mereka terus mengeluarkan iklan sampai- sampai menurut saya sudah keterlaluan yang terakhir ini sering muncul di TV ada anak kecil kayak baim ditampilkan disitu. sudah mulai gak wajar nih.
Silahkan anda menilai sendiri mana yang benar mana yang salah.
                                                            Analisis
Menurut pendapat pribadi saya biasanya yang lebih dewasa yang lebih mengalah, saya bukan mau medeskreditkan AS atau membela XL kalau menurut saya disini terlihat XL terlihat lebih cool atau kalem menghadapi serangan-serangan yang dilakukan oleh AS. Dan setelah XL berhenti meladeni malah AS makin ngotot dan berapi-api sekali lagi saya bukan membela salah satu provider saya berada di posisi yang netral, karena sebagai konsumen yang cerdas kita tidak boleh dibodohi oleh hal-hal semacam ini.
            Dan satu lagi sebuah produk yang kurang bagus (jelek) pasti akan mati-matian mempromosikan diri dan merendahkan pesaingnya dan sebaliknya suatu produk yang bagus tidak akan melakukan hal-hal bodoh demi mendapatkan perhatian dari konsumennya karena produk bagys akan mengutamakan kualitas daripada sensasi.

*Note: Tidak ada istilah menang atau kalah dalam persaingan, pemenang yang sesungguhnya ialah yang mampu menerapkan Etika yang baik dalam beriklan.







No comments:

Post a Comment

Designed By