About


Breaking News

BThemes

Blogger templates

Banner Link Gunadarma

Blogroll

BTricks


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik disini

Tuesday, October 27, 2015

Tugas Softskill Etika Bisnis "Utilitarianisme"

Tugas Softskill Etika Bisnis
Nama : Vickry
Kelas : 4EA11
NPM : 17212572


Pendahuluan

Warung adalalah bangunan kecil yang dipakai untuk berjualan. Letak warung berada di dekat rumah pemiliknya. Malah terkadang menyatu dengan rumahvpemiliknya. Di lingkungan rumah kita biasanya terdapat lebih dari satu warung. Warung juga banyak terdapat di sudut jalan dan tempat-tempat yang ramai dikunjungi.
Jumlah dan jenis barang yang dijual di warung sedikit. Biasanya hanya berupa barang kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, sabun mandi, dan sikat gigi. Membeli barang di warung sangat mudah. Kita tinggal menyebutkan barang yang akan dibeli, penjual langsung mengambilkan. Harganya pun terkadang bisa ditawar.
Dalam Kasus Utilitarianisme ini saya akan mengambil contoh salah satu warung 24 jam di wilayah dekat rumah saya.
TEORI
Teori utilitarianisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa tindakan dankebijakan perlu dievaluasi berdasarkan manfaat dan biaya yang dibebankan pada masyarakat. Dalam situasi apa pun, tindakan atau kebijakan yang “benar” adalah yang memberikan manfaat paling besar atau biaya paling kecil (bila semua alternatif hanya membebankan biaya bersih). Sebuah prinsip moral yang mengklaim bahwa sesuatu dianggap benar apabila mampumenekan biaya sosial (social cost) dan memberikan manfaat sosial (social benefit).

Jeremy Bentham(1748-1832) sering dianggap pendiri utilitarianisme tradisional.Bentham berusaha mencari dasar objektif dalam membuat keputusan yang mampumemberikan norma yang dapat diterima publik dalam menetapkan kebijakan dan peraturansosial. Dasar yang objektif adalah dengan melihat pada berbagai kebijakan yang dapatditetapkan dan membandingkan manfaat serta konsekuensi-konsekuensinya

Definis lain dari Utilitarianisme adalah : Utilitas sering didefinisikan sebagai kebahagiaan atau kesenangan, meskipun ada varian lain, seperti kepuasan preferensi atau preferensi utilitarianisme.
Dalam kata lain, utilitarianisme sering didefinisikan sebagai upaya untuk mencapai kebaikan terbesar dalam jumlah terbesar. Terdapat pula berbagai versi lain utilitarianisme dengan berbagai variasi pula dalam detail dan konsepnya. Utilitarianisme sering dianggap sebagai bentuk konsekuensialisme, dimana hasil menghalalkan cara. Artinya, cara negatif boleh ditempuh asal bisa menghasilkan utilitas lebih besar.
Analisis
Menurut Analisis saya tentang warung 24 jam di dekat rumah saya adalah : 

Positif : 
  • Lebih mudah mendapatkan kebutuhan sehari hari
  • Melayani walaupun tengah malam
  • menyediakan pulsa elektrik
Negatif :
  • Menjadi tempat nongkrong anak-anak muda dan remaja
  • Membuat keributan malam-malam
  • Menjual minuman beralkohol
Demikian hasil analisis saya , semoga kehadiran warung 24 jam itu lebih memberikan manfaat lagi kepada masyarakat sekitar.

Referensi : 
https://www.academia.edu/8958371/Teori_Utilitarianisme
http://www.amazine.co/26564/apa-itu-utilitarianisme-konsep-pencetus-kontroversinya/
http://matakristal.com/pengertian-warung/

No comments:

Post a Comment

Designed By